Kamis, 10 Mei 2012

TIPS memilih jurusan dan universitas

Lulus SMA???
       bagi sebagian murid putih abu-abu sejenak emang sih euphoria banget,,serasa dah ploooongg getto terbebas dari UN, UAM, Ujian Praktek, apalagi guru-guru sekolah yang mungkin ada juga yang menyandang gelar killer..but, sebenernya jauh hari temen-temen pasti dah mikir (istilah kerennya "galau") tentang kuliah, ato pilihan yang diambil habis lulus SMA, iya kan??? (malu banget neh aku kalo pada jawab "enggak" ~,~  )..
mau kerja, nerusin kuliah, nganggur dulu, ato malah nikah?? (hah??? )

apapun yang bakal dilakuin habis SMA itu ndak masalah sih (termasuk mo nikah, asal dipikir dulu bener2..),,semua itu pilihan, semua itu juga pastinya beralasan,,but, yang perlu digaris bawahi nih sebenernya apa yang mau kita lakuin buat mempertanggung jawabkan hidup kita??

Umumnya sih temen-temen semua pasti punya orientasi buat langsung kuliah,,I think it's better, to improve our skill and knowledge..nah, dalam milih tempat apalagi jurusan pun gak boleh sembarangan.. semua itu butuh pertimbangan (sama Tuhan, keluarga, and pastinya sama diri sendiri sobb..),, tapi nich kesalahan yang paling banyak dialami alumni baru SMA (ciieehh..sekarang gelarnya dah beda,,hehe..), mereka belum bisa memprioritaskan harus pilih tempat kuliah dulu, atau jurusannya??
learnthailanguage.org
bingung yak??
kalo menurut ekke (iiiichh,,jijay..) pemilihan jurusan itu kalo bisa paling utama dijadiin pertimbangan, why?? karena dimanapun kita nanti kuliah, kalo emang kita cari bekal hidup di lingkungan ilmu yang kita kuasai and kita sukai, pasti dah hidden potension kita selama ini bakal keluar.. tapiiiiii yang tetep harus diperhatiin, pilih jurusan pun dak boleh asal yaa.. oke lah, sesuaikan dengan minat dan bakat, tapi jangan lupakan juga prospek kerjanya..nah,ini yang biasanya dilupain sama calon mahasiswa baru...emang sih, rejeki masa depan itu dari Tuhan..tapi apa iya kita mau diem aja nunggu takdir kita di masa depan??so pasti nggak kan?? jadi tinggal pinternya temen-temen juga buat baca keadaan n peluang pasar beberapa tahun ke depan,,
dari tahap inilah kedewasaan temen-temen semua mulai diuji dan digali,,pemikiran kita dituntut  jauuuhh ke depan, jangan hanya sesaat, apalagi ikut-ikut temen ato pacar ,,okee.. :)

eh, ada yang ketinggalan,, jangan lupa ya cari-cari info tentang aspek kajian, palajaran pendukung (jangan sampe blank di pelajaran Mate n Fisika, tapi milih teknik mesin,,), deskripsi, and ranah jurusan,,sempat sih ada cerita, ada anak (sebut saja Mawar,,xixixii) pengen banget jadi PNS alias Pegawai Negeri Sipil,,tapi ntah karena polosnya ato emang karena gak ada gambaran, dia mikirnya Teknik Sipil tuh ntar lulusannya direkrut jadi PNS (zooonnkkkk..!!!)..akhirnya dia milih jurusan itu (alhamdulillahnya juga keterima, tapi dia basicnya di IPS, bukan di IPA).. okee lah, sama-sama ada kata "sipil", tapi kalo pengetahuan kita ttg jurusan tersebut kurang jadinya ya salah persepsi kaya gini...akhirnya, sampe semester 6 pun dia jadi mahasiswa dengan IPK 1 koma...
jangan sampe ya temen-temen jadi korban "salah jurusan" selanjutnya..sayang banget soalnya... T_T

nah kalo udah fix ama jurusannya, baru kita hunting PTN/PTS..mau dimana pun tempatnya, cari tau dulu siapa kita.. punya kemampuan cuma rata-rata tapi mo kuliah di Perguruan Tinggu yang dapet peringkat 1 nasional?? kalo emang kalian siap bertarung mati-matian buat bersaing sih, no problem..tapi apa jadinya kalo kalian terlalu PD melangkah ke lingkungan yang kemampuannya jauh di atas kalian??

di sebagian besar kasus sih, justru dia gak bisa nemuin potensinya. coba pikir, temen-temennya pada top cer pinternya, idenya brillian, ngomong Inggris juga cas cis cus, itungan Matematika juga dah otak kalkulator, terus kita??? kemampuannya sedengan aja..apa yang akan terjadi?? biasanya sih minder, nggak PD and ga sanggup lagi terus bersaing, walaupun ada juga kasus pengecualian...
mimpi itu boleh tinggi, tapi lihat dulu ya kemampuan pribadi juga lawan perang kita..gak mungkin kan lawan kita senjatanya tank, pesawat ulang alik, bom atom, pasukan bawah tanah, ranjau udara darat air, senjata lengkap, granat yang membabi buta, ehhhh kitanya cuma bawa piso dapur..mau berdoa tanpa mau berusaha??itu sama aja nol besar kan... :)
dan jangan lupa, usaha itu bukan cuma tenaga, tapi juga analisa, pemikiran, restu keluarga dan segalanya..

ibarat kata, kalo kita jadi bintang di tempat yang terang, orang gak akan melihat keberadaan kita.. tapi coba temen-temen bayangin, kita jadi bintang di tempat redup..pasti orang akan tau siapa kita, dan keberadaan kita juga akan dibutuhin sebagai penerang..

nah kalo buat anak yang punya keinginan sekuat baja, ditambah kemampuannya yang juga menunjang mata kuliahnya ntar, alhamdulillah juga rejeki datang (dari ortu ato beasiswa), insya Allah kuliah ditempat first brand pun no problemoo..yang penting emang semua itu ndak terlalu muluk-muluk, and sekali lagi sesuai ma kemampuan kita...

dari sini nih kesimpulannya, 
Saran dari aye, pilih dulu jurusannya,,sesuaikan sama minat, bakat, ridho keluarga n Tuhan, juga prospek kerjanya..baru habis itu cari tempat kuliah yang sesuai ma keadaan kita pribadi juga keluarga (alias ekonomi keluarga, tapi kalo bisa berwirausaha sendiri n cari beasiswa, malah four thumbs up tuh..),,jangan sampe deh temen-temen jadi obyek pembicaraan "sarjana kok nganggur" ato "Drop Out tengah jalan"..ironis banget lhoo..padahal dah berkorban waktu, biaya, tenaga, sayang banget kan...

so friends,,I hope it can help you..ni cuma opini pribadi, kalo ada perbedaan, disitulah anugerah kita sebagai manusia..jadi gak perlu ribut, tapi saling melengkapi aja..okke... :)
keep love, keep success.. :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar