Senin, 21 Mei 2012

TIPS MEMILIH KOS

Bagi anak rantauan di kota baru, yang baru aja alih jenjang dari murid SMA ke mahasiswa, terutama yang udah diterima di PTN/S, aku ucapin selamat yah.. :) semoga apa yang diberikan Tuhan adalah jalan terbaik dan anugerah terindah, meski terkadang kita belum bisa menyadarinya saat ini... :D

okke okke,,cukup bermanis-manisnya..hehee, kali ini aku mau ngupas masalah "hal urgent" yang perlu diperhatiin pas milih kos di kota yang akan jadi "orang tua" kalian di tempat baru... milih kos tu bisa dibilang gampang-gampang susah..kalo semua berakhir manis alias baik-baik aja, gak papa,,tapi kalo ada something abnormal, yang bisa aja dari pihak kos, temen kos, suasana n lingkungan, temen-temen perlu nih baca dulu sedikit ulasan versi ekke..
so, chekidoott...!! :)
unsocialized.net
1. keadaan / model kamar
tempat kos ibaratnya bakal jadi rumah kita selama sekitar 3-4 tahun..pertama aku mo kasih gambaran aja, tempat kos tu garis besarnya dibagi jadi 3 model.. pertama, sistem per kamar... jadi ni penuh kamar yang biasanya (sekali lagi biasanya) individual.. jadi bangunan kos cuma ada kamar-kamar, ruang tamu n dapur umum, tapi sebagian ada tempat nonton tivinya juga.. model ini biasanya diisi mahasiswa sibuk n menghargai privasi.. ada sedikit banyak kasus tipikal kos ini jarang kenal sama tetangga kamar saking tertutupnya, tapi gak semuanya juga,, kedua, sistem kos setengah rumah (tambah bingung lagi nih namainnya).. jadi kos yang ini emang sama kaya model pertama, tapi hubungan penduduk kosnya lebih akrab, soalnya biasanya ada 1 ruangan (ntah ruang tamu, tempat nonton tv dsb) yang dijadiin tempat ngumpul orang 1 kos.. model kos ini fleksibel, bisa kaya kos, tapi bisa juga kaya rumah (penjelasan ttg model kos rumahan dibahas di poin ketiga)..nah ketiga, sistem ngontrak rumah.. ada sebagian mahasiswa yang nyaman kalo penghuni kos itu sesuai dengan kriteria n ada hubungan satu sama lain, so mereka biasanya milih ngontrak rumah.. sebagian besar emang lebih murah n serasa di rumah sendiri, soalnya ya emang bangunan rumah, gak kaya kos.. sistem pembayaran khusu buat poin ketiga ini biasanya per tahun, n listrik dibayar sistem iuran per anggota kos..

2. ada nggaknya pemilik kos
 masing-masing jelas punya plus minusnya.. kalo yang gak ada pemilik kos, biasanya penghuni kos bisa lebih fleksibel (fleksibel beda sama semaunya sendiri lho ya) ato istilah jawanya ndak pekewuh..tapi sebagian tetep rutin dijenguk ato ada sidak pemilik kos buat mengantisipasi pelanggaran (ex: ada tambahan penghuni kos tanpa lapor, pemakaian barang elektronik diluar batas pembayaran dsb)..kesadaran diri n pribadi yang baik diperluin banget for everybody yang gak ada pemilik kosnya..buat yang ada pemilik kosnya, biasanya lebih merasa ada yang mengawasi n mengontrol (kaya orang tua gitu)..ada juga orang tua yang mempercayain anaknya ke pemilik kos,,tapi ada juga yang pemilik kosnya tu nyeremin, gak bersahabat ato bahkan aneh..

3. jarak dari tempat kuliah
buat anak baru yang biasanya belum bawa kendaraan pribadi, poin ini emang penting..tapi yang paling penting lagi yoiku dijangkau / nggaknya tempat kos dari angkutan umum..jadi, jangan lupa buat tanyain poin ini yah..

4. aman apa nggak...
nah, ini dia... ada lho daerah sekitar kampus yang jadi "sarang" maling, mulai dari maling motor, helm, tv, laptop, komplit dah..pelakunya juga kadang dari mahasiswa, kadang juga orang asli situ..jadi, gak ada salahnya tanya sama mahasiswa setempat ato pak RT kalo perlu tentang kondisi keamanan di sekitar kos..

5. biayaaaaaa...
and the most important is..
tempat kos harganya biasanya tergantung fasilitas.. kalo di Undip sendiri, paling murah kisaran 180 ribu/bulan sampe 2,5 juta / bulan.. kalo yang mahal gitu mah biasanya full ac, ada wifi, parkir luas (coz biasanya pada bawa mobil,hehe..), kamar juga lumayan luas, bangunan baru, kamar mandi dalem, free laundry de-le-le..tapi kos murah pun juga gak masalah kok, yang penting tinggal gimana kita bisa merasa nyaman dengan keadaan.. :)

well, itu gambaran kasar main point pas hunting kos..but, semuanya itu cuma di sebagian besar kasus, so kalo ada pengecualian ya wajar lah,, saran ane ya, adanya sodara, kakak kelas, kenalan ato temen dari daerah sama bener2 membantu, so gak ada salahnya minta tolong mereka,, coz mereka yang udah tau dikit banyak gambaran di lingkungan kampus..

tetep semangat, chaiiyyoo n good luck.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar