Rabu, 18 April 2012

Identifikasi Wilayah Sosio-Antro

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kepada kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya,sehingga kami dapat menyelesaikan makalah sosiologi antropologi  yang berjudul “Identifikasi Wilayah “ini dengan lancar .Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pengampu matakuliah Sosiologi Antropologi Kesehatan.
Makalah ini ditulis dari hasil penyusunan data-data sekunder yang penulis peroleh dari hasil penelitian dan juga dari panduan yang berkaitan dengan Sosiologi Antropologi , tak lupa pula kami mengucapkan terima kasih kepada pengajar mata kuliah Sosiologi Antropologi atas bimbingannya dalam menyelesaikan makalah ini .
Juga kami mengucapkan terima kasih kepada teman- teman semua yang telah membantu dan mendukung sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat waktu.
Penulis berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua,dalam hal ini dapat menambah pengetahuan kita mengenai Sosiologi Antropologi Kesehatan .Kami menyadari bahwa makalah ini memang jauh dari kata sempurna,maka kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca dan semuanya demi perbaikan menuju arah yang lebih baik.

Semarang, April 2012
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         Penyusun

 
BAB I
PENDAHULUAN

1.      LATAR BELAKANG
            Masyarakat adalah kumpulan individu yang terikat oleh kebudayaan dan norma- norma tertentu.Masyarakat dengan segala macam cirri merupakan hal yang menarik untuk dipelajari dan di pahami secara mendetail.Masyarakat yang beragam demikian juga memiliki perasaaan untuk saling memerlukan satu sama lain.Maka dari itu mata kulian Sosiologi Antropologi sangatlah penting.
Sosiologi adalah pengetahuan atau ilmu tentang sifat ,perilaku,dan perkembangan masyarakat,dan juga merupakan  ilmu yang mempelajari struktur sosial,proses sosial .serta perubahannya.(Anonim,2011)Sosiologi lebih menekankan kepada kehidupan sosialnya,bagaimana masyarakat bersosialisasi dengan orang – orang disekitarnya dan juga bagaimana masyarakat bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.
Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu.Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal daerah yang sama.Antropologi mirip seperti sosiologi tetapi lebih menitikberatkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya (Anonim, 2011). Antropologi lebih kepada kebudayaan dari masyarakat dimana ia tinggal.
Definisi Antropologi menurut para ahli :
v  William A.Havilland: Antropologi adalah studi tentang umat manusia ,berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.
v  David Hunter: Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.
v  Koentjaraningrat: Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.
     Dari definisi tersebut ,dapat disusun pengertian sederhana antropologi, yaitu sebuah ilmu yang mempelajari manusia dari segi keanakaragaman fisik serta kebudayaan (cara – cara berperilaku , tradisi ,nilai- nilai) yang dihasilkan sehingga setiap manusia yamg satu dengan yang lainnya berbeda – beda.Sehingga kita dapat belajar banyak kebudayaaan ,yang nantinya akan menciptakan sebuah kerukunan tersendiri.
                Didalam ilmu sosiologi terdapat perpaduan dua ilmu yang membahas tentang masyarakat serta kebudayaannya dan unsure- unsur pembentuk masyarakat tersebut.Identifikasi wilayah merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk membahas kedua ilmu tersebut.Dalam proses identifikasi akan dicatat segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat di wilayah tersebut. Mulai dari cirri- ciri fisik ,kebudayaan ,susunan masyarakat ,atau bahasa yang digunakan sehari – hari dalam berinteraksi dengan orang lain yang ada di sekitar  lingkungan masyarakat tersebut..Bahan – bahan yang berisi tentang deskripsi masyarakat tersebut kemudian dikenal denagn bahan etnografi. Dan juga akan kita ketahui perbedaan agam yang mereka anut,namun masih memiliki rasa toleransi yag tinggi.
            Dengan bahan etnografi akan didapatkan deskripsi umum mengenai kelompok masyarakat yang nantinya diharapkan mampu memberikan manfaat untuk menentukan metode apa yang akan digunakan untuk mempengaruhi kelompok tersebut terutama dalam bidang kesehatan masyarakat.Metode ini akan disesuaikan dengan karakteristik keompok masyarakat yang sudah didapatkan pada saat proses identifikasi.Selain itu dengan proses identifikasi wilayah akan didapatkan pada informasi mengenai potensi wilayah tersebut baik dalam bidang sosial maupn ekonomi. Untuk itulah mengapa proses identifikasi wilayah merupakan hal yang sangat penting dalam ilmu sosiologi antropologi.
            Dari identifikasi wilayah ini kita juga dapat menggunakannya untuk meningkatkan industry – industry kecil yang ada dalam masyarakat tersebut.Sehingga lebih di kenal oleh masyarakat dan di daerah – daerah lain.Diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi rakyat – rakyat menengah ke bawah dan lain sebagainya.
                       
2.TUJUAN
Dalam penulisan makalah ini ada beberapa tujuan yang hendak kami capai.yang nantinya dapat memberikan manfaat bagi kita semua.Adapun tujuan tersebut adalah sebagai berikut :
Ø Untuk belajar pengenalan cara pendeskripsian potensi sosial ekonomi atau budaya di masyarakat dalam lingkup kelurahan.
Ø Untuk belajar mengidentifikasi masyarakat dalam lingkup Kelurahan.
Ø Menambah wawasan kita dalam ilmu sosiologi antropologi.
Ø Untuk belajar bagaimana berkomunikasi dengan masyarakat lain ,yang beda budaya,kebiasaan ,dan adat istiadat.
Ø Belajar bersosialisasi.
Ø Belajar mengolah data
Ø Mampu memahami konsep – konsep dasar Antropologi dan SosiologiKesehatan yang berhubungan dengan perilaku manusia,dan kebiasaannya.

 
BAB II
ISI

            Kami melakukan pengamatan di Kelurahan Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang. Kami memilih melakukan pengamatan dengan mengguankan pendekatan emik, yaitu pengenalan masalah masyarakat berdasarkan sudut pandang masyarakat itu sendiri (subyektif). Pendekatan emik digunakan untuk mengetahui permasalahan atau informasi (istilah) yang khas dari masyarakat di wilayah itu, seperti bahasa, kebudayaan, agama, dan struktur sosial yang terbentuk. Setelah melakukan pengamatan, kami mendapatkan informasi sebagai berikut:
1)      Potensi Sosial-Ekonomi-Budaya
v    Nama wilayah identifikasi      : Kelurahan  Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang

v    Letak Goegrafis
Sebelah Utara              : Kel. Karang Kidul
Sebelah Selatan           : Kel. Tegalsari
Sebelah Timur             : Kel. Wonodri
Sebelah Barat              : Kel. Mugassari

v    Jumlah Penduduk
1)                  0-4 tahun                     : 815 orang
2)                  5-9 tahun                     :440 orang
3)                  10-14 tahun                 :425 orang
4)                  15-19 tahun                 :468 orang
5)                  20-24 tahun                 :657 orang
6)                  25-29 tahun                 :637 orang
7)                  30-34 tahun                 :802 orang
8)                  35-39 tahun                 :599 orang
9)                  40-44 tahun                 :481 orang
10)              45-49 tahun                 :408 orang
11)              50-54 tahun                 :395 orang
12)              55-59 tahun                 :333 orang
13)              60-64 tahun                 :350 orang
14)              65+ tahun                    :330 orang
15)               Jumlah Penduduk      : 7140 orang   

v    Komponen Demografi
Komponen demografi dari data yang kami dapat pada bulan April 2012 terdiri atas:
ü    Tingkat Pendidikan
1.      Perguruan Tinggi         ; 1026 orang
2.      Taman Akademi          : 689 orang
3.      Tamat SLTA               : 2498 orang
4.      Tamat SLTP                : 965 orang
5.      Tamat SD                    : 609 orang
6.      Tidak Tamat SD          : 81 orang
7.      Belum Tamat SD        : 389 orang
8.      Tidak Sekolah             : 68 orang
9.      Jumlah                         : 6325 orang
ü    Tingkat Pekerjaan
Penduduk di daerah ini mayoritas bermatapencaharian sebagai pegawai jasa.
ü    Tingkat Perekonomian
Berdasarkan hasil survey yang kami lakukan, masyarakat kelurahan Pleburan tingkat perekonomiannya menengah ke atas.
ü    Agama        : Mayoritas Islam
ü    Bahasa        : Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa




2)      Peran Serta Masyarakat
v    Kebiasaan baik
i.           Sudah banyak rumah tangga yang menggunakan tong sampah.
ii.         Terdapat kebiasaan rutin masyarakat yang mengadakan kerja bakti di lingkunga RT oleh bapak-bapak yang dibantu oleh karang taruna.
iii.        Terdapat posyandu lansia dan posyandu balita

v    Kebiasaan buruk
i.           Karena mayoritas penduduk bekerja, suasana kekeluargaan antar warga tidak begitu kentara, meskipun di beberapa tempat masih ada.
ii.         Rumah yang saling berhimpitan satu sama lain menyebabkan sempitnya lahan perumahan, sehingga sangat sulit menemukan keberadaan pohon hijau di pekarangan rumah, atau di pinggir jalan.

v    Kebudayaan
Terdapat beberapa kebudayaan yang masih dilakukan oleh masyarakat setempat, diantaranya:
-            Masih terdapat kebudayaan malam 1 syuro, maulid nabi dan isro’ mi’roj Nabi Muhammad
-            Pertemuan rutin ibu-ibu yang dilakukan sebulan sekali tiap RT

v    Bentuk akulturasi
Kebudayaan asli setempat tidak terasa kental karena banyak penduduk pendatang baru yang tinggal di kelurahan Pleburan, juga karena sibuknya aktivitas kerja mereka, serta kaena pengaruh modernisasi.

v    Bentuk asimilasi
Contoh bentuk asimilasi yang terjadi adalah bentuk model rumah yang kini semakin mengikuti model perumahan.


3)      Hasil Interaksi Sosial yang Terbentuk
·                     Bentuk kerja sama yang terbentuk adalah gotong royong. Dapat dilihat dari rutinitas warga yang mengadakan kegiatan bersih-bersih bersama walaupun tidak diadakan setiap minggu.
·                     Penyesuaian interaksi sosial adalah kompromi dan toleransi. Kebanyakan masalah yang terjadi di Kelurahan Pleburan dibicarakan secara terbuka dan bersifat musyawarah mufakat. Sehingga hal tersebut mampu menyelesaikan masalah tanpa terlibat hukum, karena musyawarah bersifat kekeluargaan.
·                     Berdasarkan pengamatan secara emik
Penilaian yang kami lakukan di Kelurahan Pleburan Kecamatan semarang Selatan adalah secara emik. Kami melihat Kelurahan Pleburan  sudah banyak mengalami asimilasi, sebab berdasarkan pengamatan kami mayoritas penduduknya adalah masyarakat pendatang. Meskipan banyak pendatang dari luar daerah, Kelurahan Pleburan tidak serta merta melupakan tradisi kebudayaan begitu saja, contohnya saja masih ada kegiatan PKK, Posyandu, maupun peringatan budaya lainnya.
·                     Berdasarkan pengamatan secara etik
Kami telah melakukan wawancara dengan salah satu staf di Kelurahan setempat. Beliau berpendapat bahwa Kelurahan Pleburan termasuk dalam masyarakat tradisional modern, namun kompak, peduli akan kesehatan. Buktinya waraga setempat jarang sakit dan terjadi kematian di usia muda. Kematian yang terjadi memang karena usia tua.
·                     Penggambaran lingkungan
Melihat kondisi geografis Kelurahan Pleburan ini kami dapat melihat jalan yang hampir seluruhnya teraspal dengan baik, hanya di beberapa tempat saja yang terdapat kerusakan pada jalan, namun tidak terlalu parah.
Dari segi letak, Kelurahan Pleburan berada di dekat Kampus Universitas Diponegoro dan Pendidikan Ilmu Pelayaran.
Dari masalah kesehatan, warga Pleburan jarnag menderita wabah atau penyakit berat.
Dari segi pendidikan, di Kelurahan Pleburan ini terdapat Skolah Menengah Kejuruan Kimia, juga terdapat Sekolah Dasar Islam Terpadu di bawah naungan Yayasan Al-Firdaus.

BAB III
PENUTUP

1.      Kesimpulan
ü  Dengan melakukan identifikasi wilayah, akan didapatkan informasi seperti kebudayaan, potensi sosial ekonomi serta ciri-ciri yan menjadi karakteristik kolompok masyarakat di wilayah tersebut.
ü  Fungsi identifikasi adalah untuk menentukan metode yang akan digunakan untuk mempengaruhi atau mengadvokasi kelompok masyarakat di wilayah tersebut.
ü  Metode yang dipilih adalah metode yang disesuaikan dengan karakteristik masyarakat, agar informasi dapat disampaikan dengan baik.
ü  Pendekatan emik merupakan pengenalan masalah masyarakat berdasarkan sudut pandang masyarakat itu sendiri.
ü  Kami melakukan pengamatan di Kelurahan Pleburan Kecamatan Semarang Selatan dengan pengamatan kuantitatif dan kualitatif, serta dengan pendekatan emik dan etik.
2.      Saran
ü  Dengan membaca makalah ini diharapkan pembaca dapat mengambil intisari atau pelajaran dari malakah ini.
ü  Kepada dosen dan pembaca agar memberikan kritik dan saran terhadap makalah ini.


KONDISI KEMASYARAKATAN KELURAHAN PLEBURAN,  KECAMATAN SEMARANG SELATAN, KOTA SEMARANG


A)    LUAS KELURAHAN     : 69,145 ha

B)    BATAS WILAYAH
a.       Sebelah Utara              : Kel. Karang Kidul
b.      Sebelah Selatan           : Kel. Tegalsari
c.       Sebelah Timur             : Kel. Wonodri
d.      Sebelah Barat              : Kel. Mugassari

C)    KONDISI GEOGRAFIS
a.       Ketinggian tanah dari permukaaan air laut     : 5-30 m
b.      Banyak curah hujan                                        : 1000-3000 m
c.       Tofografi (daratan rendah)                             : -
d.      Suhu udara rata-rata                                        : 28-38oC

D)    ORBITRASI (jarak dari pusat pemerintahan)
a.       Jarak dari pusat pemerintahan kecamatan                   : 2 km
b.      Jarak dari pusat pemerintahan kota administratif       : -
c.       Jarak dari ibukota kota Semarang                               : 3,5 km
d.      Jarak dari ibukota provinsi Jawa Tengah                    : 0,8 km
e.       Jarak dari ibukota Negara                                           : 495 km

E)     PERTANAHAN
a.       Tanah eks. Bondo Desa                      : -
b.      Tanah Bersertifikat                 : 896 buah 39,52 ha
c.       Tanah yang belum bersertifikat           : 557 buah 30,505 ha




F)     KEPENDUDUKAN
1.      Jumlah penduduk menurut:
a.       Jenis Kelamin
i.                    Laki-Laki        : 3551 orang
ii.                  Perempuan      : 3622 orang
b.      Kepala Keluarga                     : 2401 KK
c.       Kewarganegaraan
i.                    WNI                : 7172 orang
ii.                  WNA              : 1 orang

2.      Jumlah penduduk menurut agama
a.       Islam               : 5564 orang
b.      Kristen                        : 895 orang
c.       Katolik                        : 688 orang
d.      Hindu              : 19 orang
e.       Budha             : -

3.      Jumlah penduduk menurut usia
a.       Kelompok pendidikan
1.      04-06 tahun           : 441 orang
2.      07-12 tahun           : 295 orang
3.      13-15 tahun           : 285 orang
4.      16-19 tahun           : 325 orang
b.      Kelompok tenaga kerja
1.      20-26 tahun           : 1304 orang
2.      27-40 tahun           : 2070 orang
3.      41-60 tahun           : 1146 orang
c.       Kelompok usia Lanjut
61 tahun keatas
d.      Jumlah penduduk menurut tingkat pendidikan
1.      Lulusan pendidikan umum           : 5535
2.      Lulusan pendidikan khusus          : -
e.       Jumlah penduduk menurut mata pencaharian
1.      Karyawan              : 333 orang
2.      Wiraswasta                        : 446 orang
3.      Petani                    : 166 orang
4.      Pertukangan          : 797 orang
5.      Buruh                    : 285 orang
6.      Pensiunan              : -
7.      Nelayan                 : -
8.      Pemulung              : -
9.      Jasa                        : 1932 orang

G)     JUMLAH PERANGKAT KELURAHAN
1.      Kepala kelurahan        : 1 Orang
2.      Seklur  / kasi                : 5 orang
3.      Staf                             : 7 orang

H)     PEMBINAAN RT ATAU RW
a.       Jumlah RT             : 50 RT
b.      Jumlah RW           : 6 RW

I)       JUMLAH PELAYANAAN MASYARAKAT
a.       Pelayanan umum                     : 1608 orang
b.      Pelayanan kependudukan       : 574 orang
c.       Pelayanan legalisasi                 : 545 orang     

J)       PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB)
a.       Jumlah wajib pajak (WP)        : 1452 orang
b.      Jumlah SPPT                           : 1452 buah
c.       Jumlah ketetapan                    : Rp. 2.067.656.699,-
d.      Jumlah realisasi                       : Rp. 553.103.120,-


K)    KEPUTUSAN KEPALA KELURAHAN
a.       Jumlah keputusan kepala kelurahan yang bersifat
mengatur atau membebani masyarakat                                   : - buah
b.      Jumlah keputusan kepla kelurahan yang bersifat
tidak mengatur                                                                        : 32 buah

L)     KEUANGAN DAN SUMBER-SUMBER PENDAPATAN KELURAHAN
1.      Keuangan
a.       Sisa anggaran tahun lalu                           : -
b.      Penerimaan tahun ini                                 : Rp.482.394.800,-
c.       Pengeluaran pembangunan tahun ini        : Rp.38.000.000,-
2.      Pendapatan asli kelurahan                               : RP.33.460.000,-
3.      Bantuan pemerintah                                        : Rp.496.595.061,-

M)   KEAMANAN KELURAHAN
Pembinaan hansip
a.       Jumlah anggota hansip                        : 38 orang
b.      Jumlah hansip terlatih / karma : 32 orang
c.       Alat pemadam kebakaran                   : - orang

N)    PENDIDIKAN
1.      Pendidikan Umum
a)      Kelompok bermain                        : - gedung – guru – murid
b)      TK                                                 : 3 gedung 11 guru 146 murid
c)      Sekolah dasar                                : 5 gedung 76 guru 1284 murid
d)     SMTP                                            : - gedung – guru – murid
e)      SMTA / SMU                               : 2 gedung 21 guru 210 murid
f)       Akademi                                       : 4 gedung 86 dosen 319 murid
g)      Perguruan tinggi                            : 76 gedung469 dosen 9822 murid

2.      Pendidikan khusus
a)         Pondok pesantren                                    : - gedung – guru – murid
b)        Madrasah                                     : - gedung – guru – murid
c)         Sekolah luar biasa                        : - gedung – guru – murid
d)        Sarana pendidikan non formal     : - gedung – guru – murid

O)    SARANA OLAHRAGA / KESENIAN, KEBUDAYAAN DAN SOSIAL
a.       Sarana olahraga                                   : 6 jenis 20 buah
b.      Sarana kesenian / kebudayaan            : 2 jenis 2 buah
c.       Sarana social                                       : 3 jenis 1 buah

P)     PRASARANA PERHUBUNGAN
1.      Jalan                            : 5 jenis 36,81 km
2.      Jembatan                     : 4 jenis – km
3.      Terminal                      : - jenis – km

Q)    KOMUNIKASI
a.       Jumlah jenis sarana komunikasi          : 6 jenis
b.      Jumlah sarana komunikasi                   : 1169 buah

R)    ALAT TRANSPORTASI
a.       Jumlah jenis sarana transportasi          : 4 jenis
b.      Jumlah sarana transportasi                  : 1244 buah

S)     INDUSTRI
a.       Jumlah jenis usaha industry          : - jenis
b.      Jumlah usaha industry                   :- buah

T)     PARIWISATA
a.       Jumlah jenis sarana pariwisata            : 1 jenis
b.      Jumlah sarana pariwisata                     : 2 buah
U)    PENGAIRAN
a.       Jumlah jenis sarana pengairan             : - jenis
b.      Jumalah sarana pengairan                    : - buah
V)    PERTANIAN
a.       Padi dan Palawija                               : - ha – ton
b.      Sayuran                                               : - ha – ton
c.       Buah-buahan                                       : - ha – ton

W)  PERKEBUNAN
a.       Jumlah jenis usaha perkebunan                       : - jenis
b.      Jumlah jenis luas usaha perkebunan                : - ha
c.       Jumlah hasil usaha perkebunan                       : - ton

X)    PERTANAMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP
a.       Jumlah luas dan banyaknya taman                  : 0,7 ha 6 buah
b.      Jumlah sarana kebersihan                                : 12 ha – buah

Y)    PERIKANAN
a.       Jumlah jenis usaha perikanan                          : - jenis
b.      Jumlah luas usaha perikanan                           : - ha
c.       Jumlah hasil usaha perikanan                         : - ton

Z)     PETERNAKAN                                                  
a.       Jumlah jenis usaha peternakan                        : - jenis
b.      Jumlah binatang ternak                                   : - ekor

AA)          KEHUTANAN
a.       Jumlah hutan                                                   : - ha
b.      Jumlah jenis tanaman hutan                            : - jenis



AB) PERTAMBANGAN BAHAN GALIAN
a.       Jumlah jenis pertambangan bahan galian        : - jenis
b.      Jumlah hasil pertambangan bahan galian        : - m3

AC) PERDAGANGAN ATAU JASA
1.      Perdagangan
a.       Jumlah jenis sarana perdagangan              : 3 jenis
b.      Jumlah sarana perdagangan                      : 319 buah
2.      Jasa
a.       Jumlah jenis sarana di bidang jasa            : 2 jenis
b.      Jumlah sarana di bidang jasa                     : 29  buah

AD) PERKOPERASIAN
a.       Jumlah jenis sarana perkoperasian                   : 1 jenis
b.      Jumlah sarana perkoperasian                           : 1 buah

AE) PERUMAHAN DAN JENIS KOMPLEK PEMUKIMAN
1.      Perumahan
a.       Rumah permanen                          : 1259 buah
b.      Rumah semi permanen                  : 118 buah
c.       Rumah non permanen                   : 53 buah
2.      Komplek pemukiman
a.       BTN                                              : - unit – ha
b.      Real estate                                     : - unit – ha
c.       Perumnas                                       : - unit – ha

AF) JUMLAH PROYEK DI KELURAHAN YANG DIBIAYAI OLEH
a.       Swadaya Mayarakat                           : - / - buah, nilai RP.-
b.      Daerah Tingkat II                               : - / - buah, nilai RP.-
c.       Daerah tingkat I                                  : - / - buah, nilai RP.-
d.      Bantuan Gubernur kdh tingkat I        : - / - buah, nilai RP.-
e.       Bantuan Presiden                                : - / - buah, nilai RP.-
AG) KEJUARAAN LOMBA KELURAHAN YANG PERNAH DIDAPAT
a.       Tingkat kecamatan                              : juara – tahun –
b.      Tingkat kota                                        : juara – tahun –
c.       Tingkat propinsi                                  : juara – tahun –
d.      Tingkat Nasional                                 : juara – tahun –

AH) KELEMBAGAAN KELURAHAN
1.      Jumlah pengurus LPMK                                               : 19 orang
2.      PKK
a.       Jumlah tim penggerak PKK                                   : 32 orang
b.      Jumlah kader PKK atau pembangunan                  : 25 orang

AI) INVENTARISASI BIDANG TEKNOLOGI TEPAT GUNA YANG TELAH DIMANFAATKAN
a.       Bidang energy                                     : - jenis spesifik
b.      Bidang pangan                                    : - jenis spesifik
c.       Bidang pertanian                                 : - jenis spesifik
d.      Bidang konstruksi                               : - jenis spesifik
e.       Bidang material                                   : - jenis spesifik
f.       Bidang kerajinan / industry                 : - jenis spesifik

AJ) BIDANG KEMASYARAKATAN
1.      Agama
a.       Majelis Ta’lim                   : 7 kelompok 655 anggota
b.      Majelis Gereja                   : 3 kelompok 182 anggota
c.       Majelis Budha                   : - kelompok – anggota
d.      Majelis Hindu                   : 3 kelompok 344 anggota
e.       Remaja Masjid                  : 3 kelompok 108 anggota
f.       Remaja Gereja                   : - kelompok – anggota
g.      Remaja Hindu                   : - kelompok – anggota
h.      Remaja Budha                  : - kelompok – anggota
AK) KESEHATAN
1.      Rumah Sakit Umum (RSU)
1)      Rumah Sakit Pemerintah             
a.       Jumlah pasien bulanan            : - orang
b.      Jumlah pasien bulanan            : - orang
c.       Jumlah pasien bulanan            : - orang
2)      RSU Swasta
a.       Jumlah pasien bulanan            : - orang
b.      Jumlah pasien bulanan            : - orang
c.       Jumlah pasien bulanan            : - orang
2.      Rumah Sakit Khusus
Rumah Sakit Khusus pemerintah
Rumah Sakit Khusus Kusta
a.       Jumlah pasien bulanan      : - orang
b.      Jumlah pasien bulanan      : - orang
c.       Jumlah pasien bulanan      : - orang
3.      Pos / Klinik KB
a.       Jumlah Klinik KB             : 6 buah
b.      Jumlah akseptor                : - orang
4.      Jumlah Posyandu                    : 5 buah
5.      Puskesmas / puskesmas pembantu
a.       Jumlah puskesmas                         : - buah
b.      Jumah puskesmas pembantu         : - buah
6.      Jumlah dokter praktek                        : 18 orang

AL) OLAHRAGA
1.      Jumlah jenis olahraga                                      : 5 jenis
2.      Jumlah perkumpulan kelompok  olahraga       : 2 buah

AM) KESENIAN / KEBUDAYAAN
1.      Jumlah jenis kesenian / kebudayaan                                        : 4 jenis
2.      Jumlah perkumpulan kelompok kesenian / kebudayaan         : 4 buah
AN) ORGANISASI SOSIAL
1.      Pramuka Gudep                      : 875 anggota
2.      Karang Taruna                        : 144 anggota
3.      Panti laras                                : -
4.      LSM                                        : -
5.      Kelompok PKK                      : 56 anggota
6.      Dasa wisma                             : 112 anggota
7.      Lain-lain                                  : -

AO) TENAGA KERJA
1.      Penyalur pembantu rumah tangga                   : -
2.      Penampungan pekerjaan ke luar negeri           : -

AP) TRANSMIGRASI
1.      Lokasi transmigrasi                                         : - lokasi – ha
2.      Jumlah kepala keluarga trasnsmigrasi             : - KK
3.      Jumlah jiwa transmigrasi                                 : - orang
4.      Jumlah rumah tinggal                                      : - unit
5.      Perolehan tanah transmigrasi                          : - ha   

AQ) MUTASI PENDUDUK
1)      Pindah
·         Laki – laki                : 9 orang
·         Perempuan               : 7 orang
2)      Datang
·         Laki – laki                : 7 orang
·         Perempuan               : 9 orang
3)      Lahir
·         Laki – laki                : -
·         Perempuan               : 2 orang
4)      Mati – 5 tahun
·         Laki – laki                : -
·         Perempuan               : -
5)      Mati + 5 tahun                    
·         Laki- laki                  : -
·         Perempuan               : -
6)      Mati
·         Laki – laki                : -
·         Perempuan               : 2 orang

AR) BANYAKNYA PEMELUK AGAMA
1)      Islam                              : 5529 jiwa
2)      Kristen Katolik              : 905 jiwa
3)      Kristen Protestan           : 687 jiwa
4)      Budha                            : 19 jiwa
5)      Hindhu                           : -
6)      Lain – lain                      : -

AS)BANYAKNYA KEJADIAN
1)      Nikah                             : 1 orang
2)      Cerai                               : -
3)      Rujuk                             : -
4)      Talak                              : -

AT)JUMLAH HEWAN BESAR DAN KECIL
1)      Sapi Perah                     : -
2)      Sapi biasa                      : -
3)      Kerbau                          : -
4)      Kambing                       : -
5)      Domba                          : -
6)      Kuda                             : -
7)      Babi                              : -
8)      Ayam kampong            : 342 ekor
9)      Ayam Ras                     : -
10)   Itik                               : -
11)  Itik Manila                    : -
12)   Angsa                          : -
13)  Lain – lain                     : -

AU) PENDUDUK WNA
1)      Cina                              : 1 orang
2)      Arab                              : -
3)      Jepang                           : -
4)      Belanda                                    : -
5)      Pakistan                        : -

AV) PENDUDUK WNI KETURUNAN ASING
1)      Cina
·         Laki- laki
-          Dewasa: 164 orang
-          Anak-anak: 41 orang
·         Perempuan
-          Dewasa  : 201 orang
-          Anak – anak     : 58 orang
2)      Arab                              : -
3)      Jepang                           : -
4)      Belanda                        : -
5)      India                             : -
6)      Pakistan                        : -
7)      Lain – lain                     : -
8)      Jumlah                          : 464 orang

ALFI NUR AINI
KULIAH SOSIO-ANTRO KESEHATAN
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT 2011
UNIVERSITAS DIPONEGORO

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Terima kasih tulisan makalah anda tentang Indentifikasi Wilayah Kelurahan Pleburan Kec.Semarang Selatan Kota Seamarang.

    Dari : http://semarangkota.go.id/kel-pleburan/

    BalasHapus